Pusat Penjaminan Mutu Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Standar Pengelolaan Teknologi Informasi

"Menjadi Institusi pendidikan tinggi kepariwisataan berdaya saing global yang mengedepankan personalitas dan keterampilan dalam mewujudkan SDM maju"

01

Menyelenggarakan proses perkuliahan yang berkualitas dan suasana akademik yang nyaman.

02

Menyelenggarakan penelitian yang bereputasi internasional dan hasilnya dimanfaatkan oleh masyarakat.

03

Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang dibutuhkan oleh masyarakat.

04

Menanamkan dan mengimplementasikan nilai-nilai etika moral akademik dan hospitaliti.

05

Membangun jejaring kerjasama dan kemitraan dengan berbagai stakeholder di bidang kepariwisataan baik di tingkat nasional maupun internasional sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan, layanan, serta lulusan.

Tujuan

a. Menyiapkan lulusan yang memiliki pengetahuan, kompetensi dan cara berpikir yang luas di bidang pariwisata serta karakter yang memuliakan Tuhan.

b. Menjadikan Politeknik Pariwisata NHI Bandung sebagai lembaga pendidikan pariwisata yang berperan dalam pengembangan sumber daya manusia pariwisata Indonesia.

c. Melakukan pembinaan kehidupan akademik dan peningkatan jejaring kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan maupun industri pariwisata di tingkat nasional maupun internasional. 

Sasaran

a. Penyiapan pengetahuan, kompetensi dan cara berfikir lulusan serta civitas akademika di Politeknik Pariwisata NHI Bandung dengan kepribadian Indonesia.

b. Peningkatan peran Politeknik Pariwisata NHI Bandung dalam pengembangan SDM pariwisata di Indonesia.

c. Peningkatan kredibilitas Politeknik Pariwisata NHI Bandung sebagai lembaga pendidikan terkemuka pada tingkat nasional dan global 

Nilai

a. Amanah, merupakan sebuah karakter yang harus dimiliki oleh seluruh civitas akademika Politeknik Pariwisata NHI Bandung yang dilandasi oleh kejujuran dan bertanggung jawab dalam rangka menjunjung mutu kualitas guna pencapaian visi dan implementasi misi.
b. Hospitaliti, merupakan sebuah keyakinan dalam yang harus dimiliki oleh setiap civitas akademika Politeknik Pariwisata NHI Bandung sebagai sebuah budaya melayani kepada setiap stakeholders kepariwisataan pada tingkat nasional maupun internasional.
c. Loyal, merupakan suatu prinsip yang melekat kepada seluruh civitas akademika Politeknik Pariwisata NHI Bandung guna berkarya sesuai fungsi dan peran bagi kepentingan nasional dan Politeknik Pariwisata NHI Bandung
d. Adaptif, merupakan suatu sikap dalam menerima perubahan lingkungan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi guna diterapkan dalam pengembangan SDM kepariwisataan.
e. Kolaboratif, Merupakan suatu sikap dalam mengembangkan kerjasama yang saling memberikan manfaat dari seluruh stakeholders kerpariwisataan nasional maupun internasional. 

PPEPP

Rasionale Standar Pengelolaan Teknologi Informasi

Menjamin tercapainya tujuan Pendidikan tinggi yang berperan strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan merapkan nilai humaniora serta pembudayaan dan permberdayaan bangsa Indonesia yang berkelanjutan;

Menjamin agar pembelajaran pada program studi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia mencapai mutu sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi; dan

Mendorong agar perguruan tinggi di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia mencapai mutu pembelajaran, penelitian, dan pengabdian

Pihak yang Bertanggung-jawab untuk Mencapai Standar Pengelolaan Teknologi Informasi

1. Perumusan

Tim Perumus, Pusat Penjaminan Mutu, Administrasi Akademik, Administrasi Umum, Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Senat Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

2. Penetapan  

Senat Politeknik Pariwisata NHI Bandung dan Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

3. Pelaksanaan

Dosen, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa.

4. Evaluasi 

Pusat Pejaminan Mutu, Administrasi Akademik Jurusan, Program Studi, Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

5. Pengendalian 

Pusat Pejaminan Mutu, Administrasi Akademik Jurusan, Program Studi, Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

6. Peningkatan 

Pusat Pejaminan Mutu, Administrasi Akademik Jurusan, Program Studi, Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

Standar Pengelolaan Teknologi Informasi

Indikator Capaian Standar Pengelolaan Teknologi Informasi

01

Perguruan tinggi menetapkan lembaga yang menangani pengelolaan teknologi informasi beserta tugas dan fungsi untuk memenuhi kebutuhan operasional perguruan tinggi.

  • Terdapat lembaga yang bertanggung jawab penuh dalam mengelola layanan teknologi informasi.
  • Terdapat tugas dan fungsi lembaga pengelolaan teknologi informasi.

02

Lembaga pengelolaan teknologi informasi bersama pemangku kepentingan memastikan sistem informasi pendukung pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, Penjaminan mutu dan administrasi perguruan tinggi lengkap, terintegrasi dan dapat diandalkan.

  • Terdapat sistem informasi terintegrasi pendukung pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, Penjaminan mutu dan administrasi perguruan tinggi yang dapat diakses oleh pemangku kepentingan.
  • Terdapat layanan internet yang dapat diakses oleh mahasiswa dan para pemangku kepentingan.
  • Sistem informasi terintegrasi berbasis WAN dan dapat diakses oleh pemangku kepentingan internal maupun eksternal.

03

Lembaga pengelola teknologi informasi memastikan sistem informasi mendukung Pengambilan keputusan lengkap, efektif dan objektif.

  • Terdapat fasilitas pendukung Pengambilan keputusan berbasis data yang dapt diakses oleh para pengambil keputusan yang relevan

04

Lembaga pengelolaan teknologi informasi melakukan perencanaan, pengembangan, evaluasi, pengendalian dan peningkatan sistem informasi secara komprehensif.

  • Terdapat cetak biru sistem informasi yang lengkap dan mengacu kepada rencana strategis dan rencana pengembangan Politeknik Pariwisata NHI Bandung .
  • Terdapat progres pengembangan sistem informasi yang sesuai dengan cetak biru sistem informasi Politeknik Pariwisata NHI Bandung.
  • Terdapat evaluasi pengembangan sistem informasi berdasarkan cetak biru dan pengembangan.
  • Terdapat pengendalian pelaksanaan pengembangan sistem informasi berdasarkan kebutuhan yang sesuai dengan cetak biru.
  • Terdapat program peningkatan kualitas sistem informasi secara berkala berdasarkan hasil evaluasi dan pengendalian. .

05

Lembaga pengelolaan teknologi informasi memastikan kebutuhan Hardware dan Software untuk mendukung sistem informasi dan pendukung pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, Penjaminan mutu dan administrasi perguruan tinggi.

  • Terdapat rencana pengadaan fasilitas pendukung pengembangan sistem informasi berupa komputer server, jaringan internet dan media akses informasi.
  • Terdapat rencana pengadaan perangkat komputer kantor beserta perlengkapannya.
  • Terdapat rencana pengadaan layanan internet untuk memfasilitasi berjalannya sistem informasi bagi pemangku kepentingan.
  • Terdapat program peremajaan hardware dan software perangkat komputer dan jaringan internet secara berkala.

Manual Standar Pengelolaan Teknologi Informasi

01. Manual Penetapan Standar Pengelolaan Teknologi Informasi

Manual Kode Prosedur Kode PanduanKode Formulir 
Penetapan Standar Pengelolaan Teknologi Informasi

02. Manual Pelaksanaan Standar Pengelolaan Teknologi Informasi

Manual Kode Prosedur Kode PanduanKode Formulir 
Penelusuran Bahan Pustaka (Informasi Sederhana) PerpustakaanSOP-PPNHIB-PERPUS-1
SOP Komunikasi PemasaranSOP-PPNHIB- ENC-06• FM- ENC-06-01 Form Kalendar Konten
• FM-ENC-06-02 Form Agenda Konten

03. Manual Evaluasi Pelaksanaan Standar Pengelolaan Teknologi Informasi

Manual Kode Prosedur Kode PanduanKode Formulir 
Evaluasi Pelaksanaan Standar Pengelolaan Teknologi Informasi

04. Manual Pengendalian Standar Pengelolaan Teknologi Informasi

Manual Kode Prosedur Kode PanduanKode Formulir 
Pengendalian Standar Pengelolaan Teknologi Informasi

05. Manual Peningkatan Standar Pengelolaan Teknologi Informasi

Manual Kode Prosedur Kode PanduanKode Formulir 
Peningkatan Standar Pengelolaan Teknologi Informasi

Dokumen Terkait dan Referensi

01. Daftar Prosedur

No.Nama Prosedur Kode Prosedur 
1.Penelusuran Bahan Pustaka (Informasi Sederhana) PerpustakaanSOP-PPNHIB-PERPUS-1
1.SOP Komunikasi PemasaranSOP-PPNHIB- ENC-06

02. Daftar Panduan

No.Nama PanduanKode Panduan 
1.

03. Daftar Formulir

No. Nama PanduanKode Panduan 
1.SOP Komunikasi Pemasaran• FM- ENC-06-01 Form Kalendar Konten
• FM-ENC-06-02 Form Agenda Konten

04. Daftar Template

NoNama TemplateKode Template
1.

"Countinous Quality Improvement"

Address

Jl. Dr. Setiabudhi No, 186
Bandung - 40141
Jawa Barat - Indonesia


Contacts

Email: kspm@poltekpar-nhi.ac.id
Phone: +62 (22) 2011456
Fax: +62 (22) 2012097